Cara Mengobati Luka Ringan dengan Tepat dan Aman Dilakukan Sendiri

Salah satu bentuk luka ringan yang umum terjadi pada aktivitas sehari-hari adalah luka lecet. Kondisi ini terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan yang kasar sehingga menyebabkan lapisan bagian atas kulit mengelupas.

Pada kasus lebih parah, luka lecet dapat menimbulkan pembengkakan, perdarahan, hingga kulit mengeras. Meskipun tergolong luka ringan, luka lecet harus segera diobati supaya tidak memburuk karena beresiko infeksi.

9. Cuci Tangan Hingga Bersih Sebelum Mengobati Luka Ringan

Berikut ini adalah pertolongan pertama untuk mengobati luka lecet yang tepat dan aman, dapat dilakukan sendiri.

Cuci tangan hingga bersih

Baik dialami sendiri ataupun orang lain, untuk mengobati luka ringan harus dalam keadaan tangannya bersih. Terlebih dulu, cucilah tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya infeksi.

Hindari penyebab luka lecet

Setelah memastikan tangan steril, hindari berbagai hal yang berisiko menyebabkan kulit teriritasi dan bergesekan, misalnya menghentikan aktivitas dan pakaian penyebab luka lecet. Sebaiknya gantilah pakaian yang nyaman bagi kulit.

Bersihkan luka lecet

Apabila sudah dipastikan tidak ada faktor penyebab luka lecet makin parah, selanjutnya bersihkan luka Anda terlebih dulu dengan lembut menggunakan air mengalir dan sabun.

Hindari penggunaan bahan pembersih dengan komposisi alkohol, iodin, atau hidrogen peroksida langsung di area luka lecet terbuat karena berisiko menimbulkan iritasi dan rasa perih.

Oleskan salep antibiotik

Setelah luka sudah bersih, langkah selanjutnya yaitu mengoleskan salep antibiotik pada luka supaya tetap lembab, mempercepat penyembuhan, dan mencegah terjadinya infeksi.

Bisa juga oleskan dengan petroleum jelly seperti gel lidah buaya di kulit yang lecet untuk meringankan rasa nyeri dan mencegah infeksi. Jika sudah, tutup luka dengan kasa steril lembut dan gantilah setiap hari.

Minum Obat Pereda Nyeri

Untuk luka lecet yang terasa sangat sakit dan berukuran besar, dapat dibantu dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Periksa Diri ke Dokter

Apabila luka nyeri yang Anda obati sendiri mengalami nyeri, kemerahan, bengkak, berkerak, hingga berdarah segera hubungi dokter untuk perawatan lebih intensif.

Umumnya, jenis luka ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, beberapa cara di atas diperlukan untuk memastikan luka segera pulih dan tidak terinfeksi.

Add Comment