Pengertian Hipertensi, Penyebab dan Gejalanya Bersama SehatQ

Apa itu Hipertensi

Ketika anda mengalami saki kepala disertai dengan lemas, kemungkinan ada beberapa gangguan yang tengah terjadi pada tubuh anda salah. Bisa saja penyebabnya adalah karena hipertensi yang tengah menyerang anda. Kondisi ini sendiri bisa datang dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Bahkan dalam kasus yang parah akan membuat pasiennya kesulitan dalam menjalani aktivitas dengan maksimal.

Kendati terdengar sepele, tetapi penyakit yang satu ini memang tidak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, apabila dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan akan menyebabkan sejumlah komplikasi pada kesehatan diantaranya adalah meningkatkan risiko jantung, stroke bahkan yang paling parah adalah dapat menyebabkan kematian.

Apa itu Hipertensi

Apa itu Hipertensi?

Hipertensi ini sendiri merupakan nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah sendiri merupakan kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah pada dinding arteri yang terdapat didalam tubuh yakni pembuluh darah utama didalam tubuh. Tekanan darah tersebut akan tergantung pada resistensi pembuluh darah dan bagaimanakah jantung bekerja.

Semakin banyak darah yang dapat dipompa oleh jantung dan semakin menyempitnya arteri maka akan menyebabkan semakin tingginya tekanan darah. Seseorang bisa dinyatakan sedang terkena hipertensi ini apabila diukur pada 2 hari yang berbeda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyakit ini maka simak beberapa gejala dari penyakit ini.

Gejala penyakit hipertensi

Perlu diketahui pasien gangguan ini biasanya akan merasakan sejumlah gejala. Tetapi gejala yang dirasakan tersebut juga berbeda-beda. Bahkan dalam kondisi tertentu, seorang pasien mungkin tidak akan merasakan adanya gejala terkena tekanan darah tinggi. Berikut ini beberapa gejala yang sering dirasakan oleh penderita hipertensi.

1. Sakit kepala dengan intensitas sedang hingga tinggi.
2. Merasa lemas bahkan walaupun hanya melakukan aktivitas yang ringan.
3. Adanya masalah pada penglihatan dimana terkadang kurang focus dalam melihat.
4. Nyeri pada bagian dada.
5. Mengalami sesak napas.
6. Aritmia.
7. Mengeluarkan urin disertai dengan darah.

Penyebab hipertensi

Penyebab hipertensi inipun ternyata juga berbeda-beda dan dibedakan berdasarkan dengan jenisnya yakni primer ataukan sekuder. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah penyebab umum tekanan darah tinggi dapat terjadi.

1. Tekanan darah tinggi primer

Penyebab tekanan darah tinggi primer ini sebenarnya tidak begitu diketahui. Hal tersebut tidak lain karena gangguan ini biasanya akan cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun.

2. Tekanan darah tinggi sekunder

Sedangkan untuk tekanan darah tinggi sekuder biasanya disebabkan karena seseorang mempunyai kondisi kesehatan tertentu yang mendasarinya. Gangguan yang satu ini bisa muncul secara tiba-tiba dan tekanan darahnya juga lebih tinggi dibandingkan dengan yang primer. Adapun sejumlah penyebab dari hipertensi sekunder diantaranya adalah.

1. Masalah sleep apnea.
2. Adanya tumor kelenjar adrenal.
3. Tiroid.
4. Masalah yang terjadi pada ginjal.
5. Mempunyai cacat bawaan dari pembuluh darah.
6. Penggunaan obat-obatan seperti pil KB, obat flu, dekongestan, hingga obat untuk penghilang rasa sakit.
7. Penggunaan obat-obatan terlarang seperti amfetamin dan kokain.

Bagaimana Cara Mendiagnosa Hipertensi

Untuk melakukan pengukuran tekanan darah, seorang dokter atau ahli biasanya akan memakaikan manset lengan tiup di sekitar lengan pasien atau dengan menggunakan alat untuk pengukur tekanan darah. Hasil dari tekanan darah tersebut akan dibagi menjadi 4 yakni tekanan darah normal, tinggi, stadium dan stadium 2.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit yang satu ini maka anda bisa langsung pergi ke direktori penyakit di sehatq.com. Ini merupakan situs kesehatan paling lengkap dan terpercaya yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *